03 November 2009

‘Cicak’ Gigit ‘Buaya’: Episode Terbaru Pelemahan KPK

Oleh: Kahar S. Cahyono

Tadinya saya berusaha untuk tidak terlibat dalam perdebatan yang diduga sebagai upaya pelemahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Karena, memang, saya tidak memiliki pengetahuan yang terang benderang terkait dengan permasalahan itu. Sekedar menjadi penikmat di media, bagaimana pertarungan antara ‘cicak’ dan ‘buaya’ itu beralangsung.

Namun ketika mendengarkan isi percakapan yang diputar di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Selasa 3 November 2009 kemarin, saya berkesimpulan bahwa permasalahan ini sangat serius. Tabir mulai terbuka, bahwa benar ada rekayasa di dalam kasus Bibit Samad Riyanto dan Chandra M Hamzah.

Tidak berlebihan jika Mahfud MD, Ketua Mahkamah Konstitusi menyatakan, tidak habis pikir kenapa pejabat-pejabat di Indonesia mudah diatur oleh cukong-cukong yang menurutnya menjijikan itu. "Saya gak habis pikir kenapa pejabat Kejaksaan dan Polri kita mau diatur oleh cukong-cukong menjijikan itu," ujar Mahfud MD saat berbincang-bincang dengan tvone.

Berikut salah satu transkrip lengkap percakapan Anggodo dengan seseorang, yang saya kutib dari Vivabnews.com :

Tuut
Tuut
Tuut
Male 1 (Anggodo): Halo
Male 2: Bos di mana bos?
Male 1: Wah ndek Karet bos
Male 2: O yo siap, iki aku jek ono rapat sek karo Pak Kasat
Male 1: Yo wis gak opo-opo aku mang...
Male 2: Dan itu... udah bos
Male 1: Wis teko, anak buahe wis teko
Male 2: Uwis? Wis rono?
Male 1: He eh tak cekeli yoo tithik yoo... aku mau...
Male 2: Baru...
Male 1: Aku ngomong
Male 2: Iki engko tak tandatangani nang Ibis Kono
Male 1: Yoo terus aku ngomong
Male 2: Hee
Male 1: Ambek Alex, iku SD telu bos-ku piro? Aku muni sepuluh ae aku muni ngono
Male 2: Uwis iku di pek-eng uwis kabeh, engko di engko dikirim bos
Male 1: Oke bos
Male 2: Siap siap bos
Male 1: Suwun yoo. Aku sesuk esuk balik yo
Male 2: Yo bos?
Male 1: Sesuk esuk aku balik
Male 2: Enggak aku nanti...posisi itu terus
Male 1: Inii rencana mau pergi makan nanti
Male 2: Ooo yo uwis engko nek selesai makan
Male 1: Iki wis, wis telung wulan gak mangan enak dino iki ate mangan enak
Male 2: Oo siap bos siap bos
Male 1: Soale aku mari antem-anteman karo Alex ndek kene
Male 2: Ha ha ha
Male 1: Ternyata Truno tiga komitmennya tinggi sama saya
Male 2: Oo gitu bos ya
Male 1: Lho kan wis mlebu bos wingi
Male 2: Iyo?
Male 1: Cak dilebokno tapi wis ndek SK
Male 2: Ooo siap siap bos
Male 1: Saiki non aktif, tapi katut koncone kene sithuk
Male 2: Pak Ade?
Male 1: Dudu
Male 2: Sopo?
Male 1: Bibit
Male 2: Oo itu tetep kenek?
Male 1: Yo wee, ilek iku kan ijek konco kene bos
Male 2: Ooo gitu
Male 1: Tapi lek sing sithuk Chandra sesuk dilebokno malah tak pateni ndek njero kok
Male 2: Iyo yo yo. Tapi Pak Ade piye bos?
Male 1: Selama nanti urusan saya... selesai
Male 2: Ya
Male 1: De'e pasti tak tutupi tho bos
Male 2: Siap bos
Male 1: Konco-konco iki pan aku yo usaha, yang jelas penghiatan bukan dari kita
Male 2: Yo yo bos, yo bos yo bos
Male 1: Dan itu mungkin sudah disadari semua konco-konco to bos?
Male 2: Ya iya bos iya bos
Male 1: Model Anggodo kan ndak mungkin penghianatan
Male 2: Iya iya pastilah pasti
Male 1: Iyo bos
Male 2: Yo bos nanti sempet nanti mau ketemu sama si bos sebentar bos
Male 1: Oke bos oke
Male 2: Siap bos makasih bos

0 komentar:

Posting Komentar

 
Kembali lagi ke atas