19 November 2009

Makna Sebuah Nama

Oleh: Kahar S. Cahyono

Beberapa hari lalu, saya memposting sebuah artikel berjudul ‘Tentang Pemilik Sebuah Nama’ di Facebook. Artikel ini sebenarnya tentang Uswatul Khasanah, teman SMP saya. Hanya, memang, saya tidak bermaksud menulis tentang sosok yang selalu menjadi juara sejak kelas satu itu.

Uswatul Khasanah, jelas merupakan sebuah nama yang penuh akan makna. Yang semestinya menjadikan pemiliknya untuk bersungguh-sungguh menjadikan sejarah hidupnya seharum namanya. Bukankah nama adalah do`a? Pun demikian, nama juga menjadi visi dan misi yang senantiasa menggelitik seseorang untuk berbuat yang terbaik. Siapapun dia. Apapun nama yang disematkan kepadanya.

Bermula dengan pertemuan saya di situs pertemanan Facebook dengan seorang kawan sebangku di SMP, entah kenapa, nama itu muncul kembali. Barangkali, memang, selain karena prestasinya yang cemerlang, nama Uswatul Khasanah-lah yang mudah diingat. Teman yang lain, setelah susah payah mencoba, namun hasilnya tetap saja sia-sia.

Benarlah kata orang, pentingnya keberadaan seorang sahabat akan terasa bila tidak lagi bersama. Oleh sebab itu, berbahagialah mereka yang memiliki ingatan lama terhadap masa lalunya, sehingga ketika di waktu luang kenangan itu muncul kembali, paling tidak ia bisa mentertawainya.

Beberapa hari lalu saya mengikuti keinginan hati untuk meng-klik beberapa orang di Facebook yang memiliki nama Uswatul Khasanah untuk menjadi sahabat saya. Siapa tahu, satu diantara nama itu, adalah seorang kawan yang menginspirasi tulisan ini.

Diluar itu, senang saja teman saya bertambah. Saat ini saya memiliki banyak kawan yang memiliki nama Uswatul Khasanah. Melankolis banget ya? He…he…. Secara khusus saya mengucapkan salam perkenalan dari saya, dan semoga pertemanan ini akan menginspirasi kita untuk berkarya lebih baik lagi di kemudian hari. Semoga!

Tulisan ini mendapat reaksi komentar beragam. Namun masih ada benang merah yang bisa disambungkan, bahwa ternyata sebuah nama memiliki makna yang begitu mendalam. Nama adalah do`a, tetapi nama juga bisa berarti motivasi. Dengan nama kita disebut, dan nama pula kenangan terhadap seseorang menjadi hidup. Coba dengarkan komentar mereka, maka engkau akan mengetahui betapa dahsyatnya nama itu berpengaruh pada mereka.

Uswatun Chasanah. Facebook, 05 November 2009

MATUR NWN, nama memang benar adalah sebuah do'a, dahulu waktu SMP saya suka protes ma bokap, koq nama aq paling berat, mliaat mbelingna dhl saya bliau cm ketawa aj, mmg smua nama keluarga saya mengandung do'a. sekarang saya bersyukur dikasih nama itu, saya brsaha menjaga diri dan berjuang paling tidak sesuai visi misi bokap agar bisa menjadi kebanggaan kluarga, lingkungan terutama agama... mengingat itu saya sedih mas.. sayang yang kasih nama saya sudah tiada, baru menyaksikan saya berjuan,I LOVE MY DAD, trimakasih telah kasih nama aq syarat dgn do'a yang tidak mudah mewujudkannya dan selalu menjadi pijakan ktika sy akan melangkah..

TRIMS MAS, SMOGA PERSAHABATAN YG ADA BISA MEMBUAT KT MAKIN KREATIF DALAM BERKARYA...SALAM DAHSYATT...

Uswatun Hasanah. Facebook, 05 November 2009

trima ksh ya udh tulis tentang nama Uswatun Hasanah. meskipun mungkin bukan saya yg menjadi inspirasi. mudah2an ketemu dg teman lama k'kahar ya. salam kenal.


Uswatun Hasanah. Facebook, 05 November 2009

Q bkn orng yg anda mksud..
IndahN jka aku bsa mncrminkan spt nama q...
Tpi q blum bisa...smga kelak d kmudian hari q bsa mwjudkanN..
Amin...

Uswatun Hasanah. Facebook, 06 November 2009

wah ternyata mas ni pny kenangan yg indah bgt sama tmn lamanya,senang kita bisa berteman di fb,ternyata bnyk yg bernama yg sama dgn saya, dulu nama saya ana aprilianti tp almh.nenek tdk suka beliau menggantinya dgn nama uswatun hasanah,ya org tua saya setuju saja, artinya kan bgs,thanks bwt almh.nenek ku tercinta

Ani Komalasari. Faceboo, 06 November 2009

Uswatun hasanah.... sahabatku, adikku bahkan dia guru mengajikku. namun sayang, sblm uswatun hasanah menyelesaikan skripsinya di UNILA. menjelang idul fitri tahun 2006, uswah meninggal dunia & yang paling menyedihkan. saat mendengar uswatun hasanah terbaring d RSUD Serang karena sakit, aq terlambat menengoknya. karena saat ku datang ke RSUD, uswatun justru tidak lg ada di sana..... bukan hanya pulang ke rumah ortunya d Ciomas. tapi juga pulang menghadap sang khalik....

ini juga tentang Kenangan saya bersama sahabat tercinta saya yang memiliki nama uswatun hasanah mas cahyo.....

dan anehnya, sahabat saya ini juga slalu nomer satu dalam segala hal. apa yang ada di dirinya seolah mampu menjadi contoh teladan bagi semua orang.......
kecantikannya.....kepintarannya...kesolehahannnya.... tutur sapanya.... baktinya pada ortu, guru serta loyalitasnya terhadap teman & organisasinya..... membuat saya bangga pernah ada di sampingnya..... dan ketika mengingatnya, membuat mata saya pasti slalu berkaca-kaca.

uswatun hasanah....... I Miss you so much. klo saja ade masih ada di sini. T'nie ga kan hidup serapuh ini.... Aku rindu nasehatmu de............ Baca Selengkapnya
Terima kasih mas cahyo.... & salam kenal to semua pemilik nama uswatun hasanah.


Maria Fitri Mokodongan. Facebook, 06 November 2009

Waduh, den mas Kahar, lagi2 bikin orang jadi ikut2 terinspirasi. Sebenare Uswatun Khasanahnya sampeyan yang di SMP itu sopo to? yang pasti sangat berarti buat sampeyan, atau ada uneg2 yang belum tersampaikan semasa SMP dulu? Kl begitu, harus dicari sampai dapet ya, biar ga penasaran.
Omong2, namaku gimana?

Uswatun Hasanah. Facebook, 07 November 2009

subhanallah sekali mas....hati dan jiwaku sangat tersentuh mendengarnya,karena akupun mempunyai sejuta kisah sedih,bahagia dengan sahabat,memang benar y kenangan itu indah jika kita sndr kita akan selau teringat...mungkinkah semua itu bisa kita raih kmbli...aku selalu yakin jika kita tulus dan ikhlas mencintai seseorang pasti allah kn memprtmkn dengan jalannya sndr,salam kenal juga ya mas...

Santi Yahut. Facebook, 08 November 2009

benar2 menjadi inspirasi....... baca semua ini membuat mataku berkaca2 .... n membuat aku teringat dg smua teman2ku.... membuat aku menjadi lebih menghargai apa itu arti TEMAN..... I love u all ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

 
Kembali lagi ke atas